x

Dinas Kesehatan Kota Blitar Gelar Penyuluhan Produksi Industri Rumah Tangga

Blitar Kota - Dinas Kesehatan Kota Blitar memberikan penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku usaha makanan rumah tangga, mulai tanggal 05 s/d 07 September 2021. Penyuluhan ini diikuti 20 orang dari tiga kecamatan Kota Blitar melalui zoom.  Khusus hari terakhir, dilakukan secara tatap muka di salah satu hotel Kota Blitar.

Dharma Setiawan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Blitar Selasa, (7/09/2021) mengatakan, pelaku usaha penting memahami keamanan pangan sebagai syarat mengajukan perizinan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) di kantor Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP. Harapannya, usai dilakukan penyuluhan, para pelaku usaha makanan rumah tangga jauh lebih memperhatikan keamanan produk yang diolahnya.

Dalam penyuluhan ini materi yang disampaikan di antaranya mulai dari proses pembelian bahan baku, proses pembuatan pangan, keamanan pangan, kemasan hingga proses menjual produk makanan. Pihaknya juga memberikan post test kepada peserta, untuk mengetahui apakah yang bersangkutan memenuhi standart untuk mendapat PIRT. Menurutnya dari 20 peserta hanya satu orang tidak lulus karena tidak mengikuti post test

“Penyuluhan Keamanan Pangan bagi sudah kita laksanakan, Penyuluhan ini menjadi syarat bagi  masyarakat yang akan mengajukan ijin PIRT ke KPTSP. Dan dari 20 peserta. Hanya satu yang tidak lulus,” ungkap Dharma.

Dharma menambahkan, peserta yang dinyatakan lulus menerima sertifikat sebagai syarat utama dalam proses mengajukan PIRT

Share icon
Dibaca : 20 kali