x

Kawal Aturan Pendirian Berusaha, DPRD dan Pemkot Blitar Lakukan Sidak di Salah Satu Toko Modern

Blitar Kota - Komisi III DPRD Kota Blitar melakukan sidak ke lokasi perdagangan yang diduga menyalahi aturan yaitu di salah satu minimarket Jalan Bali Kota Blitar, Senin 6 September 2021.

Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Totok Sugiharto  dikonfirmasi usai sidak menjelaskan, satu minimarket di jalan Bali ini disidak karena tidak memenuhi persyaratan perizinan. Minimarket sudah memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) sebagai swalayan biasa. Namun karena berubah menjadi minimarket berjejaring, Totok menyebut minimarket ini terancam ditutup. Hal ini disebabkab tidak adanya izin mendirikan minimarket berjejaring. Hal itu juga tidak sesuai dengan aturan Perda no. 1 tahun 2018 tentang Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaaan dan Toko Modern, yang harus memenuhi kelengkapan syarat perizinan.

“Ya ini kan secara prosedur ini kan ngga ada izinnya, pengajuannya masih took biasa. Sementara sekarang sudah berjejaring ini kita akan lakukan penegakkan yaa. Kita ya harus tegakkan semua sesuai aturan.” kaya Totok

Sementara itu Suharyono, Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar ditemui ditempat yang sama juga membenarkan jika minimarket jalan Bali ini belum memiliki izin berjejaring. Izin yang telah diperoleh yaitu izin mendirikan bangunan dan izin mendirikan toko. Suharyono mengaku akan menindak lanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Ya ini izinnya ngga ada, yak an. Nani kita ikuti aturan yang berlaku aja, kita ikut Indag sama satpol PP seperti apa.” jelas Suharyono

Sementara itu, kegiatan ini menjadi komitmen Pemkot untuk menegakkan aturan administrasi perizinan mendirikan usaha. Tidak hanya IMB saja, namun juga memperhitungkan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang. (fik)

Share icon
Dibaca : 28 kali