x
  • [HOAKS] Lowongan Kerja Pegawai Baru Bank Indonesia

    Penjelasan:

    Beredar informasi lowongan kerja mengatasnamakan Bank Indonesia melalui aplikasi Whatsapp. Dalam pesan tersebut seseorang mengaku sebagai Humas Resource Manager di Bank Indonesia memberikan informasi adanya lowongan pekerja untuk beberapa posisi di Bank Indonesia.

  • [HOAKS] Marak Penculikan Anak, Pelaku adalah Warga Negara Malaysia

    Penjelasan:

    Beredar di Media sosial Facebook sebuah informasi berisi peringatan kepada masyarakat Indonesia agar waspada, pasalnya tengah marak penculikan anak yang pelakunya diklaim merupakan warga asal negara Malaysia.

  • [HOAKS] Ada Korban Meninggal di Kecelakaan Uji Coba LRT Jabodebek

    Penjelasan:

    Akun Facebook Balqis Yamanie memposting tangkapan layar yang menyatakan bahwa ada seorang masinis, seorang instruktur/penyelia, seorang dari balai uji sertifikasi, dan semua yang berada di kabin meninggal di kecelakaan uji coba LRT Jabodebek. Menyertai postingan tangkapan layar tersebut, akun Balqis menuliskan narasi “baru Uji Coba uda kecelakaan…😥😥😥.”

  • [HOAKS] Kasus Kematian di Taiwan Lebih Banyak karena Vaksinasi daripada Covid-19

    Penjelasan:

    Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa kasus kematian di Taiwan lebih banyak karena vaksinasi daripada virusnya atau Covid-19 itu sendiri.

  • [HOAKS] Video Ustaz Dibegal di Lampung

    Penjelasan:

    Beredar di media sosial YouTube, unggahan video meresahkan masyarakat berdurasi 12 menit 52 detik yang menampilkan adegan pembegalan seorang ustaz bernama Nasihin di Lampung Timur.

  • [HOAKS] Promo Handphone Vivo Mengatasnamakan JNE

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial Facebook sebuah informasi mengenai promo JNE handphone  yang diunggah pada 22 Oktober 2021. Dalam postingan tersebut dijelaskan bahwa, Smartphone Vivo  V19 dengan RAM8/ROM128 dapat dibeli dengan harga yang sangat murah yaitu hanya 1 juta rupiah. 

  • [DISINFORMASI] Vaksin Covid-19 Mengandung Parasit Hidup

    Penjelasan :

    Beredar sebuah postingan yang menyebut bahwa vaksin Covid-19 mengandung parasit yang dapat tumbuh di dalam tubuh orang yang disuntik. Postingan tersebut juga turut merekomendasikan kepada orang yang divaksinasi untuk menggunakan obat anti parasit Ivermectin.

  • [HOAKS] Ayah Kandung Nikahi Putrinya, Ibu Hanya Bisa Pasrah

    Penjelasan :

    Tengah beredar di media sosial Facebook sebuah artikel yang diunggah oleh akun Keluarga Sehat. Pada unggahan tersebut disertakan pula narasi yang berisi bahwa seorang Ayah kandung yang nekat menikahi putrinya, sedangkan si Ibu yang mengetahui hal tersebut hanya bisa pasrah.